Senin, 07 Mei 2012

Google Doodle Rayakan Seni Jalanan


TEMPO.CO, Jakarta - Seniman Amerika Keith Haring yang meninggal karena penyakit terkait AIDS pada 1990 pada usia 31 tahun berulang tahun pada Jumat, 4 Mei 2012. Google Doodle memunculkan sebuah gambar gaya pop art jalanan guna memperingati ulang tahun ke-54 Haring. 

Haring dikenal sebagai seniman yang karyanya banyak muncul di jalanan dan menjadi tren musik New York era 1980-an. Dia seorang yang menyebut seseorang punya gagasan populis apabila karyanya bisa dinikmati semua orang, bukan hanya deretan galeri milik kolektor kaya.

Dia pertama kali menjadi perhatian publik dengan gambar dari kapur di kereta bawah tanah New York pada akhir 1970. Kualitas lukisannya terus berkembang dan ditandai dengan warna hidup dan garis tebal yang mempengaruhi gaya klub-klub malam dan iklan.

Di bawah bimbingan Andy Warhol, Haring membuka sebuah toko kecil di SoHo tahun 1986. Tokonya menjual barang dagangan bantalan gambar ikon-nya, termasuk t-shirt, mainan, poster, lencana, dan gantungan kunci serta reproduksi seni. »Dan aku ingin (toko) itu ada di mana pun, ya. Tidak hanya kolektor yang bisa datang, tetapi juga anak-anak dari daerah bronx."

Pada tahun 1988, Haring didiagnosa menderita AIDS dan meninggal dua tahun kemudian. Selama masa itu ia menjadi aktivis dan juru kampanye melalui karyanya untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit dan mempromosikan pesan-pesan seks yang aman.

Ia pun mendirikan Keith Haring Foundation pada 1989, organisasi AIDS dan badan amal anak-anak, serta untuk memperluas penonton karyanya. Karya terakhirnya berupa lukisan di dinding belakang sebuah gereja Italia dan enam animasi untuk Sesame Street yang mencerminkan fleksibilitas.

WANTO | BERBAGAI SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

berikan komentar mu

 
 
[+]decastle[+]
Buku Tamu
Gr33ts : My Fams |My Luvly | decast friend | and You